Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Monday, June 7, 2010

Rangkuman Materi Kelas XI IPS Semester 2

1. Dalam melakukan gerakan merkantilisme, negara-negara Eropa melakukan perlindungan dagang dengan mengenakan bea masuk yang sangat tinggi. Perencanaan ekonomi dilakukan dengan menerapkan kebijakan sebagai berikut:a) Meningkatkan pertambahan penduduk sebagai tenaga kerja industri, b)Meningkatkan perdagangan luar negeri, c) Berusaha mendapatkan logam mulia sebanyak-banyaknya, d) Melibatkan negara sebagai pengawas perekonomian, e) Mengembangkan industri berorientasi ekspor.

2. Faktor-faktor yang mendorong bangsa Barat mengadakan penjelajahan samudra ialah faktor ekonomi, jiwa petualangan, perkembangan iptek, dan agama. Penjelajahan samudra dipelopori oleh bangsa Portugis dan Spanyol.
3. Bangsa Portugis menempuh jalur penjelajahan kea rah timur karena adanya Perjanjian Tordesillas (1494) antara Spanyol dan Portugis. Berdasarkan perjanjian ini, bangsa Spanyol mendapatkan wilayah sebelah barat dari Kepulauan Cape Verde (sebelah barat Afrika), sedangkan bangsa Portugis mendapatkan wilayah sebelah timur.
4. Kedatangan Daendels ke Indonesia sebagai gubernur jenderal mempunyai dua tugas. Pertama, mempertahankan Pulau Jawa agar tidak jatuh
ke tangan Inggris. Kedua, memperbaiki keadaan tanah jajahan di Indonesia. Untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris, Daendels mengambil langkah-langkah kebijaksanaan. Tahukah Anda langkah-langkah tersebut?
1) membangun pangkalan angkatan laut di Merak dan Ujung Kulon;
2) mendirikan benteng-benteng pertahanan;
3) membuat jalan raya dari Anyer sampai dengan Panarukan;
4) mendirikan pabrik senjata di Semarang dan Surabaya;
5) memperkuat pasukan yang anggotanya terdiri atas orang-orang Indonesia.

5. Untuk menyelamatkan Negeri Belanda dari bahaya kebrangkrutan maka Johanes van den Bosch diangkat sebagai gubernur jenderal di Indonesia dengan tugas pokok menggali dana semaksimal mungkin untuk mengisi kekosongan kas negara, membayar hutang, dan membiayai perang.
6. Bersamaan dengan makin meluasnya kekuasaan VOC, di pihak VOC sebenarnya mendekati keruntuhannya karena beberapa faktor, antara lain sebagai berikut.
1) VOC banyak mengeluarkan biaya baik untuk operasi-operasi militer
(menghadapi perlawanan rakyat) maupun untuk penyelenggaraan pemerintahan sehingga hutangnya menumpuk.
2) Banyak pegawai VOC yang mencari keuntungan pribadi dengan malakukan korupsi.

7. VOC yang didirikan pada tahun 1602, oleh pemerintah Kerajaan Belanda diberikan octrooi (hak istimewa) sebagai berikut.
a. Hak monopoli perdagangan.
b. Hak untuk memiliki tentara.
c. Hak untuk melakukan ekspansi ke Asia, Afrika dan Australia.
d. Hak untuk melakukan peperangan, membuat perdamaian, dan mengadakan perjanjian dengan raja-raja yang dikuasainya.
e. Hak untuk mencetak uang.

8. Liberalisme adalah suatu paham yang menghendaki adanya kebebasan individu dalam segala bidang. Menurut paham ini titik pusat dalam hidup ini adalah individu. Karena ada individu maka masyarakat dapat tersusun dan karena individu pula negara dapat terbentuk. Oleh karena itu, masyarakat
atau negara harus selalu menghormati dan melindungi kebebasan-
kemerdekaan individu. Setiap individu harus memiliki kebebasan- kemerdekaan, seperti dalam bidang politik, ekonomi, dan agama.

9. Nasionalisme berasal dari kata nation (bahasa Inggris) atau natie (bahasa Belanda) yang berarti bangsa. Bangsa adalah sekelompok manusia yang diam di wilayah tertentu dan memiliki hasrat serta kemauan untuk bersatu karena adanya persamaan nasib, cita-cita, dan tujuan. Dengan demikian, nasionalisme dapat diartikan sebagai semangat kebangsaan, yakni cinta terhadap bangsa dan tanah air. Dengan kata lain nasionalisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa kesetiaan tertinggi seseorang ditujukan kepada negara kebangsaannya.

10. Faktor yang mendorong timbulnya nasio- nalisme di Asia dan Afrika.
1. Penjajahan bangsa-bangsa Barat yang menimbulkan penderitaan dan kesengsa- raan.
2. Kenangan kejayaan masa lampau seba- gai negara yang jaya, seperti Indonesia pada masa kejayaan Sriwijaya dan Maja- pahit.
3. Munculnya kaum intelektual yang men- jadi penggerak dan pemimpin perge- rakan nasional.
4. Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 yang mendorong bangsa-bangsa di Asia dan Afrika bangkit melawan penja- jahan bangsa-bangsa Barat.

Baca juga ini:



No comments: