Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Friday, January 15, 2010

The Colonialism and Imperialism in Indonesia

Generally, colonialism and imperialism have the same meaning that is to colonized and to occupy a region and a nation by another nation. Nevertheless, both system has its own background with different objective and implication.
Since the arising and the development of colonialism politics applied by the European countries, it is always has the same objectives, that is to exploit the natural resources of colonized region for their industry and to fulfill the glorious of the colonialist. They never pay attention to the prosperity and the education of the colonized. Therefore, the life of the people remind poor and suffering.
In the word we can say that colonialism is the political, social, economic, and cultural domination of a territory and its people by a foreign power for an extended time.
On the other hand, imperialism intended to construct new government in their colonized region. The colonized applied by making the colonized government and make deep influence to all aspects of the colonized region. One of the famous country successes applied this method is England.
Can you write down on your own word of the different between colonialism and imperialism?

When did the colonialism began in Indonesia?

Baca juga ini:



59 comments:

karyna's blogspot :) said...

nurul karyna . XI IPS..

perbedaan dari kolonialisme dan imperialisme adalah kolonialisme yaitu paham yg selain tujuan utama adalah untuk menjajah mereka juga mengambil sumber daya alam di daerah jajahan tanpa memajukan daerah jajahan itu sendiri. sedangkan imperialisme yaitu paham selain tujuan utama untuk menjajah, akan tetapi mereka juga memajukan daerah jajahan tersebut.

karyna's blogspot :) said...

Stevany Carolin Tanjaya:

Kolonialisme bertujuan menguasai seluruh bagian negara yang dijajahnya tanpa memperdulikan dampak-dampak yang akan di alami negara tersebut, sedangkan imperialisme bertujuan menguasai seluruh bagian daerah yang di jajahnya namun tetap memberikan dampak positif dengan membangun pemerintahan negara tersebut.

karyna's blogspot :) said...

Muhammad Syahrul Mubarak

Kolonialisme sering dihubungkan dengan imperialisme. Kolonialisme bertujuan menguasai sumber daya ekonomi dan modal di suatu daerah, dengan pola kolonisasi daerah-daerah (menjadikannya sebagai koloni atau daerah milik), sedangkan Imperialisme merupakan sistem politik yang bertujuan menjajah bangsa atau negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

karyna's blogspot :) said...

Muhammad Natsir IX. IPS

Menurut saya, perbedaan antara kolonilisme dan imperialisme yaitu kolonialisme bertujuan menguasai sumber daya ekonomi negara jajahannya tanpa mempedulikan pembangunan infrastruktur di negara jajahannya tersebut, Sedangkan Imperialisme mengambil sumber daya ekonomi negara jajahannya tetapi tetap melakukan pembangunan infrasturktur di negara jajahannya tersebut.

karyna's blogspot :) said...

Andiny Paraditha - XI IPS

menurut saya perbedaan antara kolonialisme dan imperialisme adalah kolonialisme suatu bentuk pejajahan yang bersifat merugikan, karena bentuk penjajahan tersebut mengambil semua hasil sumber daya alam negara jajahannya tetapi tidak membantu dalam pembangunan negara jajahannya, sedangkan imperialisme suatu bentuk penjajahan yang bersifat tidak merugikan maupun menguntungkan, karena bentuk penjajahan tersebut. mengambil semua sumber daya alam negara jajahannya tetapi membantu dalam membangun negara jajahannya tersebut.

karyna's blogspot :) said...

Iqma Islamiati.
Kls: XI ips

- Menurut sy...
Kolonialisme mrupakan pham yg d'mn dlm mngaplikasikannya ingin menguasai Sumber Daya Ekonomi dan Modal,dg kta lain ingin menguasai suatu daerah yg berpontensi utk d'jadikan daerah milik tanpa ada....


Sdangkan...
Imperelialisme mrupakan pham yg d'mna ingin menguasai suatu daerah hasil nmun pd hakikatnya ingin membangun daerah hasil tsb....

karyna's blogspot :) said...

Iqma Islamiti
kls: XI ips

menurut saya kolonialisme merupakan paham yg dimana dalam mengaplikasikannya ingin menguasai sumber daya ekonomi dan modal dengan kata lain, ingin menguasai suatu daerah yang berpotensi untuk dijadikan daerah milik.

sedangkan imperialisme merupakan paham yang dimana ingin menguasai sumber daerah hasil namun pada hakiktnya ingin membangun daerah tersebut.

AxelAnggara said...

Axel Trysna Anggara, Kelas XI IPS... kolonialisme di Indonesia mulai sejak datangnya bangsa portugis pada tahun 1511 di Malaka dan berhasil menguasai daerah tersebut, karena adanya perjanjian Zaragosa antara Spanyol dan portugis yang membagi dunia atas dua bagian dimana portugis mandapat bagian timur yaitu kawasan asia dan sekitarnya termasuk Indonesia.

Galih Arief Harimurti said...

Galih Arief Harimurti.... XI IPA 2


Menurut saya sangat jelas perbedaan dari Kolonialisasi dan Imperialisasi. Kolonialisasi seperti yang dilakukan oleh bangsa belanda selama 350 tahun di Indonesia adalah penjajahan yang tidak memperdulikan perkemabangan negara yang dijajahnya...

Pada masa jenjajahan belanda, semua hasil bumi diangkut dan dijual demi kepentingan belanda. rakyat indonesia dibiarkan bodoh, karena mereka tidak diizinkan untuk sekolah..

hal ini berbeda dengan Imperialisasi, sebagaimana dilakukan oleh bangsa inggris. memang moto bangsa inggris adalaah 3G yaitu, Gold, Gospel, and Glory...

tetapi pada prakteknya mereka masih berbaik hati untuk membangun negara yang mereka jajah. mereka membangun sistem ekonomi yang kokoh, sehingga mereka dapat keuntungan dari daya beli dan produktivutas masyarakat. bukan seperti belanda yang kerjanya mengambil SDA.
Inggris juga memperbolehkan negara jajahannya bersekolah dan mempelajari bahasa inggris...

contoh negara jajahan inggris adalah : india, hong kong, dan Malaysia...

Indonesia juga pernah kan dijajah inggris ? dan mereka langsung membangun taman raya bogor yang digunakan untuk riset spesies tumbuhan...

bisa dilihatkan sekarang perkembangan india, malaysia, dan hong kong yang lebih dari pada indonesia..?

itu semua karena mereka dijajah oleh bangsa yang benar. tidak seperti belanda yang hanya memporak-porandakan negara indonesia.


kolonialisme di Indonesia mulai sejak datangnya bangsa portugis pada tahun 1511 di Malaka dan berhasil menguasai daerah tersebut.

Ela Novitasari Kadoli said...

Ela Novitasari Kadoli, XI IPA 2..

menurut saya, kolonialisme dan imperialisme di indonesia, masih ada...
seperti yang saya baca di wikipedia.com,
imperialisme terjadi karena,
Keinginan untuk mendapatkan kekayaan dari suatu negara,Ingin ikut dalam perdagangan dunia, Ingin menguasai perdagangan, dan Keinginan untuk menjamin suburnya industri...

ini di terapkan oleh pt. freeport, yang berasal dari luar negeri, yang telah mengeksploitasi papua, yang mengambil kekayaan yang ada di alam papua...
jadi, sampai sekarang, masih ada imperialisme, dann kolonialisme di indonesia..

HeNDrik "C" said...

Nama : HENDRIK BASTIAN
kelas : XI IPS

perbedaan kolonialisme dan imperialisme bisa di tinjau dari asal kata,pengertian, dan tujuannya.
tapi kalau menrut saya perbedaanya yang penting yaitu pada tujuan nya, yaitu kalau kolonialisme paham untuk menguasai (menjadikan koloni) suatu wilayah dengan tujuan mengeruk/menguras/mengambil kekayaan sumber daya ekonomi daerah koloninya untuk kepentingan negaranya. berarti kolonialisme ini hanya menjadikan daerah kekuasaanya sebagai tempat tambang semata, tidak ada dampak positifnya untuk kesejahteraan hidup rakyat koloninya.
sedangkan imperialisme merupakan paham yang bertujuan untuk menguasai suatu wilayah dan menguasai semua aspek dari wilayah jajahanya itu, artinya paham ini lebih ada dampak positifnya di bandingkan kolonialisme karena berdasarkan paham ini negara yang menjajah akan menguasai semua aspek termasuk pemerintahan. sehingga secara tidak langsung karena daerah jajahanya itu di anggap sebagai wilayah atau bagian negaranya maka pasti akan di bangun menuju yang lebih baik.

munculnya kolonialisme dan imperialisme di indonesia adalah ketika datangya portugis yang merupakan salah satu pelopor kuno paham" ini dan menguasai malaka yaitu pada tahun 1511.

Ela Novitasari Kadoli said...

ela novitasari kadoli..
XI IPA 2.

imperialisme adalah, cara untuk menguasai suatu negara atau wilayah untuk kepentingan dirinya sendiri. dan juga mempengaruhi daerah jajahannya dengan membentuk pemerintahan di daerah jajahannya.

sedangkan kolonialisme adalah penguasaan terhadap suatu wilayah atau negara, di luar batas negara.nya untuk mencari kekayaan alam dan tenaga kerja di wilayah jajahannya...

diiah ^^ said...

diah pramudita, XI IPA 1::

perbedaan antara kolonialisme dan imperialisme adalah::

kolonialisme merupakan suatu sistem penjajahan dimana negara penjajah menguasai rakyat dan sumber daya alam pada daerah jajahannya tanpa membangun daerah tersebut.

sedangkan,
imperialisme merupakan suatu sistem penjajahan dari suatu negara terhadap daerah jajahannya namun dapat membangun daerah jajahannya.

diiah ^^ said...

diah pramudita, XI IPA 1..

perbedaan kolonialisme dan imperialisme yaitu:

kolonialisme merupakan suatu sistem penjajahan dimana negara penjajah mengusai rakyat dan sumber daya alam tetapi, tidak membangun daerah jajahan tersebut.

imperialisme merupakan suatu sistem pemerintahan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atas daerah lain namun, dapat membangun daerah jajahannya.

dheeta's blog ;) said...

Sitti Rahmawati, XI IPA 2:

perbedaan kolonialisme dan imperialisme ada pada tujuannya. kolonialisme mempunyai tujuan untk mncari tempat baru sebagai tanah air mereka (tidak mmperluas wilayah). sedangkan imperialisme tujuannya adalh 3G sehingga unutk mencapai hal itu para penganut aliran imperialisme memperluas wilayah mereka.
pada saat ini imperialisme masih terjadi di negara kita, contohnya saja negara malaisya yang mencoba merebut beberapa pulau di indonesia atau yang bisa di katakan telah meklaim beberapa pulau.

dheeta's blog ;) said...

Ade Susmalawati, XI IPA 1:

menurut pendapat saya, bahwa kolonialisme atau pnejajahan di saat sekarang ini masih ada.
misalnya di negara indonesia. contohnya masyarakat indonesia menjajah indonesia dengan cara korupsi.
menjajah bukan berarti dengan cara perang.
contoh lain diluar negara indonesia adalah amerika yang menjajah dengan cara tekhnologi yang sekarang ini semakin berkembang.

dheeta's blog ;) said...

Siti Dewi Rahayu, XI IPA 2:

assalamu'alaikum...
menerut sya bu' kolonialisme seperti yang terjadi di zaman Belanda, Portugis n beberapa negara lain yang menjajah Indonesia masih tetap berlangsung. namun, cara atau sistemnya ga terbuka seperti zaman dulu...kolonialisme atau penjajahan dilakukan dengan cara halus, diantaranya dengan tegnologi, polit...ik dan perubahan pola pikir kita... yang dulunya dianggap tabuh sekarang menjadi layak untuk di lakukan...
seperti itu bu', kira2 pendapat sya :)
wassalam....

Galih Arief Harimurti said...

XI IPA 2
ARIK BAUS KURNIADY.

Perbedaan imperialisme dan kolonialisme ialah politik untuk menguasai (dengan paksaan) seluruh dunia untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk sebagai imperiumnya. "Menguasai" disini tidak perlu berarti merebut dengan kekuatan senjata, tetapi dapat dijalankan dengan kekuatan ekonomi, kultur, agama dan ideologi, asal saja dengan paksaan. Imperium disini tidak perlu berarti suatu gabungan dari jajahan-jajahan, tetapi dapat berupa daerah-daerah pengaruh, asal saja untuk kepentingan diri sendiri. sedangkan kolonialisme ialah politik yang dijalankan oleh suatu koloni, dimana tujuan utama adalah untuk menjajah tanpa memajukan daerah jajahan itu.

kolonialisme di Indonesia mulai sejak datangnya bangsa portugis pada tahun 1511 di Malaka.

Galih Arief Harimurti said...

XI IPA 2
ARIK BAGUS KURNIADY.

Perbedaan imperialisme dan kolonialisme ialah politik untuk menguasai (dengan paksaan) seluruh dunia untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk sebagai imperiumnya. "Menguasai" disini tidak perlu berarti merebut dengan kekuatan senjata, tetapi dapat dijalankan dengan kekuatan ekonomi, kultur, agama dan ideologi, asal saja dengan paksaan. Imperium disini tidak perlu berarti suatu gabungan dari jajahan-jajahan, tetapi dapat berupa daerah-daerah pengaruh, asal saja untuk kepentingan diri sendiri. sedangkan kolonialisme ialah politik yang dijalankan oleh suatu koloni, dimana tujuan utama adalah untuk menjajah tanpa memajukan daerah jajahan itu.

kolonialisme di Indonesia mulai sejak datangnya bangsa portugis pada tahun 1511 di Malaka.

dheeta's blog ;) said...

Ramdita Amalia, XI IPA 2:

menurut pendapat saya, perbedaan kolonialisme dan imperialisme adalah suatu paham politik yang memiliki sedikit perbedaan dalam tujuannya. meskipun tujuannya sama, yaitu untuk menjajah suatu daerah baru. akan tetapi pada kolonialisme mereka hanya berusaha untuk menguasai daerah dan merebut kekayaan alam, tanpa bermaksud untuk memajukan negara koloni tersebut. sedangkan imperialisme mereka memberikan kebijakan pada negara jajahan untuk memerintah negaranya, sehingga negara tersebut dapat maju dan berkembang.

Mutia Nur Rahmi said...

Menurut saya, Imperialisme dan koloniasisme pada dasarnya sama yaitu sama-sama mengambil alih kekuasan atas daerah lain atau wilayah lain dan untuk menguras ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Imperialisme dan kolonialisme dapat berakibat buruk bagi daerah atau wilayah jajahannya dalam bidang ekonomi, politik, sosial.
adapun perbedaan dari imperialisme dan kolonialisme adalah Imperialisme merupakan politik yang dijalankan mengenai seluruh imperium (hak untuk memerintah), sedangkan kolonilisme merupakan politik yang dijalankan mengenai suatu koloni. Serta bila kita perhatikan Imperialisme memeliki kebijakan atas negara jajahannya
agar dapat dipelihara atau berkembang sehingga tidak jarang wilayah yang di jajah oleh imperator cukup maju di bandingkan wilayah jajahan kolonia.

Mutia Nur Rahmi said...

Menurut saya, Imperialisme dan koloniasisme pada dasarnya sama yaitu sama-sama mengambil alih kekuasan atas daerah lain atau wilayah lain dan untuk menguras ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Imperialisme dan kolonialisme dapat berakibat buruk bagi daerah atau wilayah jajahannya dalam bidang ekonomi, politik, sosial.
adapun perbedaan dari imperialisme dan kolonialisme adalah Imperialisme merupakan politik yang dijalankan mengenai seluruh imperium (hak untuk memerintah), sedangkan kolonilisme merupakan politik yang dijalankan mengenai suatu koloni. Serta bila kita perhatikan Imperialisme memeliki kebijakan atas negara jajahannya
agar dapat dipelihara atau berkembang sehingga tidak jarang wilayah yang di jajah oleh imperator cukup maju di bandingkan wilayah jajahan kolonia.

Mutia Nur Rahmi said...

Menurut saya, Imperialisme dan koloniasisme pada dasarnya sama yaitu sama-sama mengambil alih kekuasan atas daerah lain atau wilayah lain dan untuk menguras ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Imperialisme dan kolonialisme dapat berakibat buruk bagi daerah atau wilayah jajahannya dalam bidang ekonomi, politik, sosial.
adapun perbedaan dari imperialisme dan kolonialisme adalah Imperialisme merupakan politik yang dijalankan mengenai seluruh imperium (hak untuk memerintah), sedangkan kolonilisme merupakan politik yang dijalankan mengenai suatu koloni. Serta bila kita perhatikan Imperialisme memeliki kebijakan atas negara jajahannya
agar dapat dipelihara atau berkembang sehingga tidak jarang wilayah yang di jajah oleh imperator cukup maju di bandingkan wilayah jajahan kolonia.

Mutia Nur Rahmi said...

Menurut saya, Imperialisme dan koloniasisme pada dasarnya sama yaitu sama-sama mengambil alih kekuasan atas daerah lain atau wilayah lain dan untuk menguras ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Imperialisme dan kolonialisme dapat berakibat buruk bagi daerah atau wilayah jajahannya dalam bidang ekonomi, politik, sosial.
adapun perbedaan dari imperialisme dan kolonialisme adalah Imperialisme merupakan politik yang dijalankan mengenai seluruh imperium (hak untuk memerintah), sedangkan kolonilisme merupakan politik yang dijalankan mengenai suatu koloni. Serta bila kita perhatikan Imperialisme memeliki kebijakan atas negara jajahannya
agar dapat dipelihara atau berkembang sehingga tidak jarang wilayah yang di jajah oleh imperator cukup maju di bandingkan wilayah jajahan kolonia.

Galih Arief Harimurti said...

kadek ayang wira widiastawan
XI IPA 2

perbedaan antara kolonialisme dengan imperialisme dapat dilihat dari pengertian masing-masing kata tersebut. kolonialisme merupakan suatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi tetap berhubungan dengan negeri asal dengan tujuan memenuhi industri dan kekayaan negara yang melaksanakan politik tersebut, sedangkan imperialisme merupakan suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya dengan menanamkan pengaruh pada semua bidang daerah jajahan.


kolonialisme di Indonesia mulai sejak datangnya bangsa portugis pada tahun 1511 di Malaka.

Galih Arief Harimurti said...

Agus Raka Adiva. XI IPA 2

perbedaan antara koloniallisme dan imperialisme adalah...kolonialisme bertujuan untuk menguasai sumber daya ekonomi dan modal di suatu daerah, dengan pola kolonialisasi daerah-daerah (menjadikannya sebagai koloni atau daerah milik). sedangkan imperialisme dapat dibedakan menjadi dua. yaitu , imperialisme kuno yang merupakan penguasaan daerah baru yang dimaksudkan untuk mendapatkan logam mulia dan kejayaan bangsa... imperialisme modern dilatar belakangi ojleh kepentingan ekonomi negara imperial dan menguasai negara lain sebagai sumber penghasilan bahan mentah dan tempat pemasaran hasil industri.

Galih Arief Harimurti said...

Agus Raka Adiva. XI IPA 2

perbedaan antara koloniallisme dan imperialisme adalah...kolonialisme bertujuan untuk menguasai sumber daya ekonomi dan modal di suatu daerah, dengan pola kolonialisasi daerah-daerah (menjadikannya sebagai koloni atau daerah milik). sedangkan imperialisme dapat dibedakan menjadi dua. yaitu , imperialisme kuno yang merupakan penguasaan daerah baru yang dimaksudkan untuk mendapatkan logam mulia dan kejayaan bangsa... imperialisme modern dilatar belakangi ojleh kepentingan ekonomi negara imperial dan menguasai negara lain sebagai sumber penghasilan bahan mentah dan tempat pemasaran hasil industri.

Galih Arief Harimurti said...

Muh. Abdi. XI IPA 2

Perbedaan antara kolonialisme dan Imperialisme berdasarkan pengertiannya.
Kolonialisme adalah suatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negeri asal.
Sedangkan Imperialisme adalah suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya.
Kemudian, berdasarkan tujuannya untuk menguasai suatu daerah.
Kolonialisme tujuannya untuk menguras sumber-sumber kekayaan daerah koloni demi perkembangan industri dan memenuhi kekayaan negara yang melaksanakan politik kolonial tersebut.
Sedangkan Imperialisme, melakukan penjajahan dengan cara membentuk pemerintahan jajahan dan dengan menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah jajahan.

Galih Arief Harimurti said...

Galih Arief Harimurti
XI IPA 2

Perbedaan antara Kolonialisme dan Imperialisme terletak pada penerapan dan sistemnya. meskipun pada intinya mereka sama-sama menjajah negara lain.

Kolonialisme muncul pada pasca-Revolusi industri sebagai akibat dari hasrat untuk mencari sumber daya alam, maka negara kolonialisme seperti belanda datang ke indonesia demi mencari sumber daya alam yang digunakan untuk kepentingan mereka sendiri.

pada penerapannya, negara kolonialisme tidak membangun negara yang dijajahnya, karena tujuan mereka murni mengambil sumber daya alam.

Sementara Imperialisme yang dilakukan negara Inggris adalah menguasai sumber daya alam dan memasarkan hasil industri dinegara jajahannya.

dengan kata lain, Inggris membangun daerah jajahannya, inggris membuat daerah jajahannya berkembang dengan memfasilitasi daerah jajahannya.

contoh negara yang diajajah oleh imperialisme ( inggris ) adalah malaysia, singapura, india, dan hong kong.
kita bisa melihat negara-negara itu yang lebih maju dibandingkan Indonesia.

Kolonialisme di Indonesia mulai sejak datangnya bangsa portugis pada tahun 1511 di Malaka dan berhasil menguasai daerah tersebut.

Ahmad Yani Sukarso said...

G. Riccy Purnomo Sutha: XI IPA 2

menurut saya kolonialisme dan imperialisme adalah keduanya merupakan penjajahan atau penguasaan terhadapa suatu daerah atau suatu bangsa oleh bangsa lainnya. kolonialisme adalah suatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asalanya. sedangkan... imperialisme adalah suatau sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya. kolonialisme itu mengambil semua sumber-sumber kekayanan daerah jajahannya untuk kepentingan politiknya. sedangkan imperialisme itu bertujuan untuk mengambil sumber-sumber kekayaan daerah yang dijajah dengan menanamkan pengaruh di daerah itu.

A. Adibah Badzlina Tanra said...

andi ainil mufidah tanra, XI IPA 1..

Kolonialisme adalah bentuk penjajahan dengan mengambil sumber daya alam di daerah jajahan tanpa memajukan daerah jajahan itu sendiri dan tidak mengganggu-gugat pemerintahan.
Imperialisme adalah bentuk penjajahan yang hampir serupa dengan kolonialisme, namun membentuk sebuah pemerintahan sebagai bentuk penguasaan untuk segala aspek, sehingga imperialisme lebih berkuasa dan lebih menguntungkan penjajah.

Galih Arief Harimurti said...

Nurul Fiskia Gamayanti. XI IPA 2

perbedaan antara imperialisme dan kolonialisme yakni Imperialisme ialah politik untuk menguasai (dengan paksaan) seluruh dunia untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk sebagai imperiumnya. "Menguasai" disini tidak perlu berarti merebut dengan kekuatan senjata, tetapi dapat dijalankan dengan kekuatan ekonomi, kultur, agama dan ideologi, asal saja dengan paksaan. Imperium disini tidak perlu berarti suatu gabungan dari jajahan-jajahan, tetapi dapat berupa daerah-daerah pengaruh, asal saja untuk kepentingan diri sendiri. sedangkan Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Ahmad Yani Sukarso said...

Ahmad Yani: XI IPA 2

Terdapat perbedaan antara kolonialisme dan imperialisme. Kolonialisme bertujuan menguasai suatu negara (dalam hal ini daerah jajahan) tetapi hanya mengambil kekayaan negara itu saja, mengeruk sepuasnya untuk membangun negaranya tetapi tidak memperdulikan dampak terhadap daerah jajahannya, seperti belanda dan jepang. Pada dasarnya kolonialisme dan imperialisme adalah sama, yaitu bermaksud untuk menjajah. Tetapi imperialisme selain menjajah suatu negara paham ini juga bertujuan menanamkan suatu pengaruh terhadap daerah jajahannya itu dan ikut membangun dan memajukan daerah jajahannya itu, seperti Inggris.

dheeta's blog ;) said...

Siska Farahdina, XI IPA 2:

kolonialisme bertujuan menguasai daerah ataupun wilayah yang didiaminya sebagai tempat jajahan baik sebagai sumber daya ekonominya, dan lain-lain. dan juga tanpa adanya kpedulian untuk negara itu yang menimbulkan dampak negatif yang memperburuk keadaan itu.
sedangkan imperialisme, yaitu bertujuan tetap mengambil dan menguasai daerah yang dijajahnya dengan melaksanakan pembangunan dan membangun pemerintahan yang memberikan dampak positif bagi darah maupun negara tsb.

dheeta's blog ;) said...

Siska Farahdina, XI IPA 2:

kolonialisme bertujuan menguasai daerah ataupun wilayah yang didiaminya sebagai tempat jajahan baik sebagai sumber daya ekonominya, dan lain-lain. dan juga tanpa adanya kpedulian untuk negara itu yang menimbulkan dampak negatif yang memperburuk keadaan itu.
sedangkan imperialisme, yaitu bertujuan tetap mengambil dan menguasai daerah yang dijajahnya dengan melaksanakan pembangunan dan membangun pemerintahan yang memberikan dampak positif bagi darah maupun negara tsb.

dheeta's blog ;) said...

Rani Winda Paramuditha, XI IPA 2:

Kolonialisme adalah suatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negeri asal. Kolonialisme tujuannya untuk menguras sumber-sumber kekayaan daerah koloni demi perkembangan industri dan memenuhi kekayaan negara yang melaksanakan politik kolonial tersebut. Sedangkan Imperialisme adalah suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya. Imperialisme, melakukan penjajahan dengan cara membentuk pemerintahan jajahan dan dengan menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah jajahan.

dheeta's blog ;) said...

Indah Citra Pratiwi, XI IPA 2:

imperialisme: sistem politik suatu negara untuk menguasai negara lain dengan cara paksaan yang bertujuan untuk mwmperluas negaranya.
Kolonialisme: sistem politik untuk menguasai negara lain diluar batas daerah kekuasaannya dan dilakukan untuk mendapat pengakuan bahwa negara pengokolan lebih kuat daripada negara berkoloni.

kolonialisme masuk ke indonesia di bawa oleh orang-orang bangsa eropa, teruatama belanda selama sekitar 3,5 abad yaiut sejak abad ke 17 sampai pertengahan abad ke 20.

dheeta's blog ;) said...

Miranda Rahayu Lestari .
XI IPA 1 :) *

" KOLONIALISME&IMPERIALISME "

*Persamaan dan Perbedaan*
Persamaan dari kolonialisme dan imperialisme adalah:
keduanya merupakan penjajahan atau penguasaan terhadap suatu daerah atau suatu bangsa oleh bangsa lainnya.


Perbedaan dari kolonialisme dan imperialisme dilihat dari :

a. Asal Kata
· Kolonialisme berasal dari kata colonia dalam bahasa latin yang artinya tanah permukiman/ jajahan.

· Imperialisme berasal dari kata imperator yang artinya memerintah. Atau dari kata imperium yang artinya kerajaan besar dengan memiliki daerah jajahan yang amat luar.

b. Pengertian

- Kolonialisme adalah suatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negeri asal.

- Imperialisme adalah suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya.

c. Tujuan Penguasaan Wilayah

- Kolonialisme tujuannya untuk menguras sumber-sumber kekayaan daerah koloni demi perkembangan industri dan memenuhi kekayaan negara yang melaksanakan politik kolonial tersebut.

- Imperialisme, melakukan penjajahan dengan cara membentuk pemerintahan jajahan dan dengan menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah jajahan.



B. Imperialisme

Berdasarkan waktu munculnya imperialisme dibagi menjadi 2 yaitu: imperialisme kuno, dan imperialisme modern. Adapun perbedaan dari Imperialisme kuno dan imperialisme modern adalah sebagai berikut:

a. Terjadinya:

· Imperialisme Kuno terjadi sebelum revolusi industri

· Imperialisme Modern terjadi setelah revolusi industri


b. Segi Kepentingan

· Imperialisme Kuno, adanya dorongan untuk kepentingan mencari tanah jajahan karena keinginan mencapai kejayaan (glory),memiliki kekayaan (gold), menyebarkan agama (gospel).

· Imperialisme Modern, adanya dorongan kepentingan ekonomi, keinginan negara penjajah mengembangkan perekonomiannya dan untuk memenuhi kebutuhan industri dimana negara jajahan sebagai sumber penghasil bahan mentah dan tempat pemasaran hasil industri.

c. Contoh negara yang menganut

· Imperialisme Kuno : Portugis, Spanyol, Romawi

· Imperialisme Modern : Inggris, Perancis, belanda, Jerman, dan Italia.




Akibat adanya imperialisme :

- Berkembang penanaman modal di daerah jajahan oleh kaum partikelir/swasta

- Perdagangan dunia semakin meluas

- Negara jajahan semakin miskin

- Rakyat jajahan serta kekurangan karena rakyat dibebankan berbagai macam kewajiban tanpa memiliki hak

- Kebudayaan penduduk asli digeser dan dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa Eropa.

Kolonialisme Barat di Indonesia tidak dapat dilepaskan dengan peristiwa-peristiwa di Eropa pada abad ke-8 sampai dengan abad ke-13. Dan perubahan-perubahan di Eropa membawa pengaruh terhadap dunia timur. Perubahan tersebut diantaranya adalah adanya reformasi Gereja (abad 16-17), Gerakan Merkantilisme, Revolusi Perancis(1789), Revolusi Industri(1780).

Another Fashion Style said...

Raisa Ramdani.XI IPA 2

Menurut saya, Kolonialisme adalah suatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negeri asal. Sedangkan imperialisme adalah suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lain. Penjajahan dilakukan dengan jalan membentuk pemerintahan jajahan atau dengan menanamkan pengaruh dalam semua bidang kehidupan daerah yang dijajah.
Walaupun kolonialisme dan imperialisme berasal dari kata dan pengertian yang berbeda namun dalam prakteknya berarti satu yaitu penjajahan oleh bangsa satu terhadap bangsa lain.
Kolonialisme lebih diartikan pada proses pembentukan atau penguasaan wilayah, sedangkan imperialisme lebih diartikan pada praktek penjajahannya.

Another Fashion Style said...

Raisa ramdani.XI IPA 2

Menurut saya, Kolonialisme adalah suatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negeri asal. Sedangkan imperialisme adalah suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lain. Penjajahan dilakukan dengan jalan membentuk pemerintahan jajahan atau dengan menanamkan pengaruh dalam semua bidang kehidupan daerah yang dijajah.
Walaupun kolonialisme dan imperialisme berasal dari kata dan pengertian yang berbeda namun dalam prakteknya berarti satu yaitu penjajahan oleh bangsa satu terhadap bangsa lain.
Kolonialisme lebih diartikan pada proses pembentukan atau penguasaan wilayah, sedangkan imperialisme lebih diartikan pada praktek penjajahannya.

dheeta's blog ;) said...

Ray Edgar, XI IPA 2:

masa kolonialisme adalah masa penjahahan yang dilakukan oleh negara barat di indonesia dengan maksud,menguasai segala bidangdan penguasaan terhadap seluruh daerah penghasil rempah-rempah tanpa memajukan daerah jajahannya. sedangkan masa imperialisme adalah dipelopori oleh bangsa spanyol dan portugis. imperialisme berasal dari romawi kuno. imperialisma adalah tujuan memonopoli daerah rempah-rempah dan menjajah daerah jajahannya tetapi masih memajukan daerah jajahannya..

dheeta's blog ;) said...

Ismail Husain. XI IPA 2..

kolonialisme ialah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut.kolonialisme tidak berusaha untuk memajukan wilayah jajahan itu sendiri.
sedangkan imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa berkembang dan juga untuk memajukan daerah tersebut.

dheeta's blog ;) said...

Wahyu Prianto, XI Ipa 2

Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu. Kolonilisme ialah politik yang dijalankan mengenai suatu koloni, sesuatu bagian dari imperium jika imperium itu merupakan gabungan jajahan-jajahan.
Akibat sosial

1. Si imperialis hidup mewah sementara yang dijajah serba kekurangan
2. Si imperialis maju, yang dijajah mundur
3. Rasa harga diri lebih pada bangsa penjajah, rasa harga diri kurang pada bangsa yang dijajah
4. Segala hak ada pada si imperialis, orang yang dijajah tidak memiliki hak apa-apa
5. Munculnya gerakan Eropa-isasi.

kolonialisme adalah penjajahan dengan mengambil kekayaan negara yg dijajahnya.

diiah ^^ said...

Indah Citra Pratiwi XI IPA 2:

perbedaan imperialisme dan kolonialisme yaitu:

Imperialisme:sistem politik suatu negara untuk menguasai negeri lain dengan cara paksaan yang bertujuan untuk memperluas negaranya. Sedangkan,

Kolonialisme:sistem politik untuk menguasai negara lain di luar batas daerah kekuasaannya dan dilakukan untuk mendapatkan pengakuan bahwa negara pengkoloni lebih kuat dari pada negeri yang di koloni. Kolonialisme masuk ke Indonesia di bawa oleh orang-orang bangsa Eropa, terutama Belanda selama sekitar 3,5 abad yaitu sejak awal abad ke 17 sampe pertengahan abad ke 20.

karyna's blogspot :) said...

Jonathan Davy, Xi Ips

pada dasarnya, imperialimse dan kolonialisme memiliki maksud yang sama yaitu untuk menjajah dan menguasai seluruh aspek dari daerah jajahannya. namun, sejalan berbedanya dengan latar belakang sejarah asal mula imperialisme dan kolonialisme, terdapat beberapa perbedaan dari imperialisme dan kolonialisme. kolonialisme adalah penguasaan seluruh aspek dari suatu daerah jajahan oleh penjajah tanpa memedulikan dampak yang terjadi pada daerah jajahannya, prinsipnya sama dengan parasit yang terus mengambil dan membuat inangnya hancur. disisi lain imperialisme yang berasal dari romawi kuno membangun pemerintahan baru di daerah jajahannya sehingga pengaruhnya sangatlah kuat di daerah jajahannya dan juga pengambilan SDAnya masih di sertai dengan kontribusi timbal-balik yang cukup sebanding di bandingkan dengan kolonialisme

karyna's blogspot :) said...

alfred, xi ips

perbedaan dari kolonialisme dan imperialisme adalah kolonialisme bertujuan menguasai seluruh bagian negara yang dijajahnya tanpa peduli tentang hal itu, imperialisme adalah penjajahan yang tetap disertai pembagunan yang mendasar

karyna's blogspot :) said...

arief, xi ips

menurut saya, kolonialisme adalah penjajahan dengan tujuan penghabisan dan penguasaan pada daerah koloninya

imperialisme adalah penjajahan yang disertai dengan pembantuan negara yang di jajahnya

any cahyanti said...

any cahyanti XI IPA 2
kolonialisme adalah suatu bentuk penjajahan yang bersifat merugikan karena mengambil seluruh sumber daya alam negara jajahannya tanpa memperdulikan pembangunan negara jajahannya tersebut.

sedangkan ..

imperialisme adalah suatu bentuk penjajahan yang juga memajukan daerah yang dijajahnya.

Ela Novitasari Kadoli said...

Nurul Solikha Nofiani . XI IPA 2

Menurut pendapat saya, perbedaan kolonialisme dan imperialisme terletak pada tujuannya.

Tujuan kolonialisme adalah menguasai atau menjajah suatu wilayah untuk diambil sumber daya alamnya tanpa memajukan daerah jajahan tersebut. Hal ini dilakukan oleh Bangsa Belanda yang menjajah Bangsa Indonesia selama 350 tahun .

Sedangkan tujuan dari imperialisme adalah menguasai suatu wilayah dengan memasukkan daerah jajahan tersebut ke dalam wilayah kekuasaan si penjajah, sehingga negara penjajah sangat memperhatikan kemajuan daerah jajahannya di berbagai bidang. Ini dilakukan oleh Bangsa Inggris yang menjajah Bangsa Malaysia yang dimasukkan ke dalam "Negara Persemakmuran Inggris".

Kolonialisme di Indonesia masih ada di zaman sekarang. Contohnya: banyak sekali hasil bumi Indonesia yang masih dikelola oleh bangsa asing sehingga Indonesia hanya mendapat keuntungan yang sedikit. Hal ini diakibatkan oleh rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia sehingga Indonesia belum mampu mengolah sumber daya alam yang ada di tanah air dengan maksimal.

Ela Novitasari Kadoli said...

megawati .
XI IPA 2'

menurut sayaa perbedaan Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. sedangkan Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang.

Ela Novitasari Kadoli said...

megawati .
XI IPA 2'

menurut sayaa perbedaan Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. sedangkan Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang.

Ela Novitasari Kadoli said...

vivie indahwati,,
kelass: xI ipa 1.

menurut saya Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut.bahwa hukum kolonial menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrastruktur ekonomi dan politik yang dibutuhkan untuk pemodernisasian dan demokrasi,bekas koloni seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong dan Singapura sebagai contoh sukses pasca-kolonialisme.

sedangkan pengertian Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.
atau pengertian laen nya adalah politik untuk menguasai (dengan paksaan) seluruh dunia untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk sebagai imperiumnya. "Menguasai" disini tidak perlu berarti merebut dengan kekuatan senjata, tetapi dapat dijalankan dengan kekuatan ekonomi, kultur, agama dan ideologi, dengan paksaan. Imperium disini tidak perlu berarti suatu gabungan dari jajahan-jajahan, tetapi dapat berupa daerah-daerah pengaruh, atau untuk kepentingan diri sendiri.

beda antara imperialisme dan kolonialisme ? Imperialisme ialah politik yang dijalankan mengenai seluruh imperium (Hak untuk memerintah ),, sedangkan Kolonilisme ialah politik yang dijalankan mengenai suatu koloni, sesuatu bagian dari imperium jika imperium itu merupakan gabungan jajahan-jajahan.

;))

Ela Novitasari Kadoli said...

oleh : Miranti Putri Pratiwi
kelas : XI IPA 1

=======================

* pengertian kolonialisme dan imperialisme *

menurut saya,

kolonialisme adalah suatu paham yang menganut berlakunya permukiman bagi sejumlah orang yang berasal dari suatu negara (negara induk) di daerah / negara lain dan bermaksud menguasai daerah yang didatanginya tanpa memikirkan nasib dari negara tersebut.

sedangkan ...

imperialisme adalah paham yang menginginkan untuk menguasai daerah/negara lain dan mendapat keuntungan dari negara yang dikuasai dan secara tidak langsung memajukan negara yang dikuasainya..

=======================

* apakah paham kolonialisme masih berlaku di Indonesia hingga sekarang ?? *

ya !!
di Indonesia imperialis dengan pola Kolonialnya telah mengeruk hasil-hasil bumi Indonesia.
Freeport mampu meraih total pendapatan US$ 4,2 Milyar pada tahun 2005, dan Indonesia hanya mendapatkan 9,4% plus pajak.
PT. Newmont Nusa Tenggara Batu Hijau mendapat 45% dengan cadangan emas 11,9 juta ons.
Setoran ke pemerintah hanya US$ 35,90 juta setiap tahunnya,
dan masih banyak lagi hasil devisa Indonesia yang menghilang dari bumi persada Nusantara.

Tentunya, jika kesemuanya itu, pemerintah bisa mengelolanya sendiri tentu keuntungan sebesar itu tetap mengalir untuk
rakyat Indonesia. Hal ini, menggaris bawahi bahwa, Indonesia sebenarnya masih terikat dengan pola kolonial yang hadir
dalam bentuk penjajahan lain...

==========================

miiranty putry pratiwy said...

oleh : Miranti Putri Pratiwi
kelas : XI IPA 1

=======================

* pengertian kolonialisme dan imperialisme *

menurut saya,

kolonialisme adalah suatu paham yang menganut berlakunya permukiman bagi sejumlah orang yang berasal dari suatu negara (negara induk) di daerah / negara lain dan bermaksud menguasai daerah yang didatanginya tanpa memikirkan nasib dari negara tersebut.

sedangkan ...

imperialisme adalah paham yang menginginkan untuk menguasai daerah/negara lain dan mendapat keuntungan dari negara yang dikuasai dan secara tidak langsung memajukan negara yang dikuasainya..

=======================

* apakah paham kolonialisme masih berlaku di Indonesia hingga sekarang ?? *

ya !!
di Indonesia imperialis dengan pola Kolonialnya telah mengeruk hasil-hasil bumi Indonesia.
Freeport mampu meraih total pendapatan US$ 4,2 Milyar pada tahun 2005, dan Indonesia hanya mendapatkan 9,4% plus pajak.
PT. Newmont Nusa Tenggara Batu Hijau mendapat 45% dengan cadangan emas 11,9 juta ons.
Setoran ke pemerintah hanya US$ 35,90 juta setiap tahunnya,
dan masih banyak lagi hasil devisa Indonesia yang menghilang dari bumi persada Nusantara.

Tentunya, jika kesemuanya itu, pemerintah bisa mengelolanya sendiri tentu keuntungan sebesar itu tetap mengalir untuk
rakyat Indonesia. Hal ini, menggaris bawahi bahwa, Indonesia sebenarnya masih terikat dengan pola kolonial yang hadir
dalam bentuk penjajahan lain...

==========================

diiah ^^ said...

Destin Anugerah Sari..XI Ipa 1::

imperialisme adalah sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya dengan menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah jajahan.

Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negeri asal, tujuannya untuk menguras sumber kekayaan daerah kekayaan daerah koloni demi perkembangan indusrti.

dheeta's blog ;) said...

Mutiara Ramadhani, XI IPA 2:

kolonialisme berasal dari kata colonia dalam bahasa latin yang artinya tanah permukiman atau jajahan yang maksudnya ada pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia diluar batas negaranya. seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber jaya, tenaga kerja, dan pasar wilayah. dan juga merupakan seuatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber negara lain tetapi masih berhubungan dengan negeri asal, dan juga hukum kolonial menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrakstruktur dan ekonomi.

imperialisme adalah suatu sistem penjajahan dengan cara membentuk pemerintahan jajahan dan dengan menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah jajahan.

contoh bahwa imperialisme masih ada adalah negara malaysia mengklaim, bahwa kebudayaan kebudayaan di indonesia itu adalah miliknya.

dheeta's blog ;) said...

Rizky Oktavia Rini, XI IPA 1:

kolonialisme adalah suatu sistem pemukiman warga suatu negara di luar wilayah induknya atau negara asalnya. Biasanya daerah koloni terletak di seberang lautan dan kemudian dijadikan bagian wilayah mereka.
imperialisme adalah suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lain. Penjajahan dilakukan dengan jalan membentuk pemerintahan jajahan atau dengan menanamkan pengaruh dalam semua bidang kehidupan daerah yang dijajah.
Walaupun kolonialisme dan imperialisme berasal dari kata dan pengertian yang berbeda namun dalam prakteknya berarti satu yaitu penjajahan oleh bangsa satu terhadap bangsa lain. Kolonialisme lebih diartikan pada proses pembentukan atau penguasaan wilayah, sedangkan imperialisme lebih diartikan pada praktek penjajahannya.

dheeta's blog ;) said...

Andi Okky Sulistiany, XI IPA 1:

menurut saya, untuk jaman sekarang masih terdapat adanya kolonialisme, penjajahan ataupun imperialisme. contohnya saja dapat kita lihat dari negara Amerika yang sampai sekarang masih ingin menguasai negara Irak. Negara Amerika melakukan segala cara untuk menguasai wilayah negara Irak dan mengambil kekayaan alamnya.

serusendiri said...

Raina Diah Grahani
XI IPA 1


menurut saya imperialisme dan kolonialisme mempunyai artian yang sama-sama mencari daerah jajahan, namun kolonialisme bertujuan untuk memeras habis kekayaan alam daerah jajahannya, dengan kata lain hanya menguntungkan bagi negara koloninya. sedangkan imperialisme bertujuan untuk memegang pemerintahan daerah jajahan dengan maksud mengembangkan dan memperkuat pengaruh sumber dayanya di antara negara-negara lain, dengan kata lain keuntungannya lebih sebanding antara negara koloni dengan yang dikolonikan.

kolonialisme di Indonesia di mulai sejak datangnya Portugis di Malaka pada tahun 1511.